Malas Bersih-bersih Asma Kumat

by

Asma merupakan penyakit radang kronis saluran napas yang tidak bisa disembuhkan, bersifat hilang dan kemudian timbul lagi. Asma dapat tenang terkontrol tetapi bisa tiba-tiba kambuh dan mengganggu aktivitas penderitanya.

Menurut World Health Organization (WHO), jumlah penderita asma di Indonesia meningkat setiap tahun. Asma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat ditekan kemunculannya dengan menghindari faktor-faktor pemicu.

Salah satu faktor pencetus asma adalah polusi udara. Di kota-kota besar, terutama di Jakarta, polusi udara merupakan masalah bersama. Semakin hari semakin sukar untuk dihindari, bahkan dampak buruknya semakin terasa.

Polusi udara tidak hanya terjadi di luar ruangan, tetapi merambah ke dalam ruangan. Polusi udara dalam ruangan merupakan ancaman bagi mereka yang tinggal lebih lama di dalam rumah ataupun kantor, terutama bagi penderita penyakit kronis pernapasan seperti asma.

Polusi udara di dalam ruangan disebabkan oleh ventilasi udara yang tidak lancar atau terdapat sumber polusi di dalam ruangan tersebut. Polutan yang masuk dari luar ke dalam ruangan juga menjadi penyebab polusi dalam ruangan.

Yayasan Asma Indonesia, beberapa waktu lalu, mengadakan talkshow membahas masalah ini dengan pembicara Dr. Pradjna Paramita. Sp.P, dan Prof. Dr Faisal Yunus, Sp.P. Ph.D, serta artis Rima Melati untuk berbagi pengalaman tentang asma.

Sumber polutan yang terdapat di dalam ruangan yang dapat memicu kambuhnya asma antara lain debu rumah, karpet yang tidak bersih, sisa pembakaran, zat kimia seperti obat nyamuk semprot, dan perilaku manusia.

“Semua bagian dalam rumah berpotensi menjadi faktor pencetus asma,” kata Dr. Pradjna. “Biasanya faktor perilaku manusia yang lebih berperan. Contohnya perilaku merokok atau jarang membersihkan perabotan hingga menimbulkan debu,” tambahnya.

“Tindakan pencegahan kambuhnya asma yang paling efektif adalah menjauhkan sumber pemicu asma, salah satunya menyingkirkan sumber polutan di dalam ruangan tempat kita berada dengan cara rajin membersihkannya,” ujar Prof. Dr. Faisal Yunus, Sp.P, Ph.D.

Cara lain mencegah kekambuhan dan mengontrol asma adalah dengan menggunakan obat asma. Yayasan Asma Indonesia sendiri telah menciptakan senam yang dikhususkan untuk penderita asama.

“Asma juga dapat dikontrol dengan olahraga berenang,” sebut Rima Melati, saat berbagi pengalaman tentang penyakit asma.*** mic

sumber: kompas

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: