Anion=Ion Negatif Yang Berdampak Positif

by

Rahasia Piramida Kuno di Mesir
Piramida Mesir bukan hanya menyimpan misteri mummi. Para peneliti yang bekerja di salah satu keajaiban dunia itu mengungkapkan keheranannya karena tubuhnya menjadi lebih sehat. Penderitaan berupa pegal-pegal pun hilang. Padahal mereka tidak pernah minum jamu pegal linu seperti aksi Topan dalam iklan jamu…

Sampah berupa sisa makanan dan bangkai hewan yang tercecer di area piramida juga luput dari pembusukan. Hal tersebut telah menarik minat para peneliti untuk menyelidiki sebab musababnya. Makanan dan menjadi busuk akibat aktivitas bakteri menguraikan senyawa organik. Jika tidak terjadi pembusukan, berarti aktivitas bakteri pembusuk terhambat oleh beberapa faktor yaitu:

  • lingkungan bersuhu ekstrem, yaitu suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah seperti di kutub/ruang pendingin atau kawah gunung berapi
  • ruang hampa udara seperti di luar angkasa
  • lingkungan perairan yang mengandung sulfur dalam jumlah banyak

Ketiga kondisi tersebut tidak ditemukan dalam piramida. Para peneliti dari lembaga riset pertanian di Amerika kemudian membuat eksperimen menggunakan ayam. Ayam-ayam tersebut dikelompokkan menjadi dua grup dan ditempatkan di ruang yang mengandung bakteri. Ayam-ayam pada grup pertama diberi ion negatif, sedangkan grup kedua tidak diberi apa-apa. Setelah beberapa hari, ternyata semua ayam pada grup kedua mati. Sebaliknya, ayam pada kelompok pertama tetap sehat dan bugar.

Mengingat perlakuan pada kedua grup itu hanya dibedakan oleh ion negatif, para peneliti menuding ion negatif sebagai penghambat aktivitas pembusukan. Sebagai bagian dari atom, jumlah ion negatif sebenarnya berimbang dengan jumlah ion positif. Tapi, karena sesuatu dan lain hal si ion negatif ini berhamburan ke luar meninggalkan atom sebagai huniannya. Karena tidak memiliki tempat tinggal lagi, si ion negatif ini kemudian menggelandang sebagai elektron bebas dan senang menempel pada atom yang lain karena sifatnya yang tidak stabil. Akibatnya terjadi perubahan muatan atom menjadi negatif pula.

Untungnya, meski menyandang embel-embel negatif pada namanya, elektron bebas tidak membawa dampak negatif pada hunian barunya. Justru karena kesenangannya berikatan itulah, bakteri di udara yang punya muatan positif jadi kehilangan kans hidup. Dengan kata lain, ion negatif mampu menghentikan aktivitas bakteri sekaligus mengirimnya ke alam baka. Makanya si ayam pada kelompok pertama dapat bertahan hidup dalam keadaan sehat wal afiat.

Ion negatif mudah ditemukan di tempat-tempat terjadinya pancaran air yang saling bertabrakan seperti air terjun (10.000-14.000 ion/cm3), air mancur (4.000 ion/cm3) dan sungai (400 ion/cm3). Di tempat-tempat tersebut terjadi tabrakan antara molekul air sehingga ion negatif berlarian dan berubah statusnya menjadi elektron bebas. Para elektron bebas inilah yang akan berikatan dengan molekul di udara (oksigen dan karbondioksida) sehingga terbentuk ion negatif. Kondisi seperti ini juga tidak ditemukan di piramida. Keadaan ini semakin membingungkan para peneliti.

Ternyata setelah sekian lama berkutat dengan serangkaian penelitian, terungkap juga rahasia ‘kesaktian’ sang piramida. Di dalam ruang raja, kekuatan magnet mencapai 4 kali lipat dibanding keadaan di luar piramida. Kekuatan magnet di bagian tembok 2 kali bagian tengah. Dengan kata lain, kekuatan magnetik di tembok piramida 8 kali lipat kekuatan magnet di luar piramida! Hal tersebut disebabkan oleh batu granit penyusun tembok di ruang raja yang mengandung banyak magnet. Kekuatan tersebut mengakibatkan elektron dari atom atau molekul di udara sekitar tembok berlompatan ke luar. Elektron bebas itu kemudian berikatan dengan atom lainnya membentuk ion negatif. Selanjutnya seperti yang telah diceritakan, ion negatif lah yang berjasa mengikat dan membunuh bakteri pembusuk. Akibatnya sampah organik yang berserakan tidak akan membusuk.

Lalu, bagaimana riwayatnya ion negatif bisa menjadikan tubuh kuat dan bugar? Ion negatif yang bertaburan di udara masuk ke tubuh kita melalui jalan pernafasan dan pori-pori kulit. Di dalam tubuh, ion negatif itu akan didistribusikan oleh aliran darah. Salah satu kemampuan yang dimilikinya yaitu menguraikan asam laktat penyebab rasa lelah menjadi zat tak berbahaya berupa air dan ion laktat. Dalam bentuk tersebut, asam laktat akan lebih mudah dibawa ke tempat pembuangan akhir. Jika tidak dibuang, rasa pegal akan terus terasa karena asam laktat terkurung dalam sel.

Ion negatif juga dapat meningkatkan kerja limpa menghasilkan kekebalan tubuh. Dengan kemampuan tersebut, tubuh akan lebih mampu menghadapi serangan virus. So, manusia bakal jarang terkena serangan flu ataupun penyakit yang disebabkan oleh virus lain. Itulah sebabnya Ion Negatif atau Anion disebut juga “Vitamin Udara”. Buat kita yang berada di negara tropis seperti Indonesia, tentunya tidak mungkin untuk memanfaatkan ion negatif dari piramida. Tapi, tenang saja karena ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kerja si ion negatif, yaitu:

  • berjalan-jalan di tempat yang banyak menghasilkan ion negatif seperti sekitar air terjun, air mancur, hutan, dan taman
  • mengatur ventilasi ruang agar terjadi pertukaran udara ruang dengan udara yang banyak mengandung ion negatif
  • mandi dengan air pancuran atau shower
  • berolahraga untuk melancarkan aliran ion negatif dalam darah
  • atau…pasang alat terapi udara di ruangan😉

sumber: Supersiswa, dgn penambahan seperlunya

Tag: , ,

5 Tanggapan to “Anion=Ion Negatif Yang Berdampak Positif”

  1. evicity74 Says:

    memang bagus banget kandungan ion negatif untuk tubuh kita, apalagi masyarakat didaerah perkotaan, tentu penyediaan ion negatif sangat bermanfaat, sayangnya sangat sulit didapat sehingga untuk sehari-hari kita kebih banyak menghirup ion positif, untungnya sekarang kita tinggal dizaman tekhnologi canggig sehingga penyediaan ion negatif bisa kita dapat dengan mudah, hanya harus berhati-hati karena banyak produk ionizer yang tersedia dipasaran kurang cukup memenuhi kebutuhan ion untuk tubuh kita, atau produk tersebut banyak menghasilkan zat yang membahayakan ozon jadi kita ikut-ikutan deh merusak bumi, untung teman doketr saya merekomendasikan saya menggunakan ionizer dari BWL Singapura yang benar-benar terjamin dan tidak merusak lingkungan, sekarang saya setiap malam tidur menggunakan ionizer, karena saya letakkan didalam kamar tidur, terasa bangun pagi lebih sehat dan bugar, gangguan tidur yang tadinya kerap saya alami bila kerjaan kantor bertumpuk sekarang lebih rileks (evi, 081317551388)

  2. andhesca Says:

    setuju Mba Evi…
    kita perlu berhati-hati thd produk2 jaman sekarang yg kebanyakan dibuat untuk kepentingan komersial. maka saya juga pakai alat terapi udara krn selain aman (sdh paten 1abad lebih), juga sangat fungsional (ionizer+ozonizer+oxigen). saking favorit, saya kadang pakai di kamar tidur, kadang di ruang tamu, atau kalo bepergian naik mobil saya bawa dech… jadi badan selalu fit dan tahan banting mghadapi cuaca akhir2 ini.
    senang berkenalan dgn Mba Evi… and thx kunjungan ke blognya…🙂

  3. Sujud Says:

    Salam Kenal
    Setuju sekali … apalagi kalo kita melakukan metode2 yang disebutkan dibagian akhir… tapi gimana caranya kalo hari-hari kita kerja di kantor dalam perjalanan menuju kantor atau di kantor sampai sore yang tentunya banyak ion positif yang kurang baik bagi kita … ? Ya … akhirnya sayapun membeli produk dari German yang memiliki energi anion (ion-) cukup tinggi +/- 2.000 ion/cubic centimeter (HASIL dari KIFA=Korea Far Infra Red Association), namanya piko pendant …. berupa kalung kristal produk German di pasarkan oleh perusahaan di Malaysia … Harga 188 USD atau kurang lebih Rp.1.750.000,- tapi untuk menjaga kondisi kesehatan sehari hari ….. sepertinya menjadi tidak mahal …

    Senang berkenalan dengan teman-teman semua …. dan salam sehat …

    Sujud / 08129181398

  4. andhesca Says:

    Salam kenal juga P.Sujud…
    setuju sekali, waktu kita dalam perjalanan atau di dlm kantor sangat mungkin terpapar ion positif terutama dari alat elektronik disekitar kita..
    justru itulah, saya sendiri merasakan manfaat keUNIKan alat terapi udara bersih ini yang portable dan dapat dibawa kemana2 karena bentuknya rata2 hanya 10x10x15cm (pjg,lbr,tngi), dan lagi TANPA PERLU LISTRIK…
    Jadi bisa dipakai di mobil dalam perjalanan kita ataupun dalam ruangan kerja di kantor.

  5. dewi Says:

    salam kenal

    bagus juga untuk kesehatan, boleh saya minta alamat email bapak, saya ingin share lebih banyak. email saya dewi_m.agustin@yahoo.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: