Waspadai Sumber Polusi di Rumah Anda

by

Hati-hati, rumah Anda pun bisa menjadi sumber polusi. Beberapa bahan bangunan yang digunakan dalam rumah bisa memicu hadirnya polusi.

  • Gipsum. Beberapa penelitian mengatakan bahwa gipsum yang biasa digunakan sebagai penghias langit-langit rumah dapat membuang partikel yang menjadi sumber pencemaran udara dan juga menimbulkan radiasi. Penelitian itu memang masih belum menunjukkan hasil final, sehingga gipsum masih banyak digunakan untuk gedung maupun rumah.
  • Mebel atau furniture yang baru saja dibeli. Pelarut organik untuk pelitur yang belum menguap seluruhnya dapat mencemari ruangan. Kadarnya memang tidak setinggi pada bahan lem sehingga tidak menimbulkan mabuk, tapi seringkali menyebabkan sakit kepala.
  • Asbes. Bila pengolahannya tidak sempurna menyebabkan ada partikel yang bisa lepas dan menimbulkan polusi dalam ruangan.

Cat rumah. Masih banyak ditemukan Pb (timbal) sebagai bahan pembuat cat. Pelarutnya juga banyak menimbulkan masalah kesehatan. Gangguan pada syaraf bisa terjadi bila pengecatan tidak sempurna.

Masalah logam Pb (timbal) ini cukup serius. Bahaya yang terjadi, terutama pada anak-anak adalah penurunan tingkat intelegensia dan juga pertumbuhannya terhambat. Menurut Dr. Ahmad Hidayat, intervensi lewat makanan dan vitamin serta mineral bisa mengurangi kadar Pb dalam tubuh.

Hal ini pernah dilakukan terhadap anaknya. “Saya menemukan Pb yang tinggi pada anak perempuan saya yang berumur 6 tahun. Kadar tersebut ditemukan lewat pemeriksaan rambut. Lalu setelah saya intervensi dengan gizi, asam amino, vitamin dan mineral dengan jumlah ekstra terjadi penurunan jumlah Pb pada tubuhnya dalam waktu 6 bulan,” jelas Dr. Ahmad.

Penurunan tersebut memang tidak bisa terjadi dalam waktu cepat. Untuk pemeriksaan rambut itu, Dr. Ahmad harus mengeluarkan biaya sekitar 75-100 dolar Amerika, tapi hasil yang didapat memang sangat bermanfaat. “Hidup sehat memang mahal, tapi sakit akan lebih mahal lagi,” tandasnya. Setuju!

Kompas Cybermedia

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: