WASPADAI BATUK YANG BUKAN BATUK BIASA

by

Sering kali kita menyepelekan batuk dan pilek. “ Ah, Cuma batuk,” atau “ah, Cuma pilek.” Ucapan itu sering terdengar dari mulut penderita. Kita beranggapan dengan minum obat batuk dan pilek yang dibarengi dengan istirahat, masalah akan teratasi. Meskipun kedengarannya mudah dan biasa, masalah batuk sebenarnya tidaklah demikian.
Bila merujuk ke data dari Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI pada 2004, infeksi saluran pernapasan bagian atas akut (ISPA) berada di sepuluh besar penyakit dan kematian di rumah sakit di Indonesia. Dengan jumlah 1.040.505 atau sama dengan 8.5% dari seluruh kunjungan pasien ke rumah sakit, penyakit itu menempati urutan pertama. Bahkan penyakit ISPA juga menempati urutan pertama penyakit penyebab kematian di rumah sakit di Imdonesia pada tahun yang sama dengan jumlah kematian 5.532 atau 4.9% dari total kematian.
Menurut dr. Daniati Kusumo Sutoyo SpP(K) dari RS Persahabatan , angka tersebut tidak bisa dianggap remeh dan disepelekan. Karena itu, perlu ditanamkan pemahaman lebih kepada masyarakat agar tidak menyepelekan batuk dan pilek.
Daniati menjelaskan batuk sebenarnya merupakan gejala gangguan pernafasan dan bukan suatu penyakit. Batuk adalah gangguan pernafasan yang sering terjadi di samping gejala pernafasan lainnya seperti sesak nafas, berdahak dan nyeri dada.
Dalam praktek kedokteran, batuk merupakan keluhan yang paling sering membawa pasien datang berobat. Sebenarnya batuk adalah cara tubuh menjaga agar tenggorok serta jalan nafas tetap bersih,” ujar Titi, sapaan akrab dr. Daniati, pada acara peluncuran kemasan baru obat batuk Decolsin di Jakarta, pekan lalu.
Titi mengakui pada dasarnya batuk merupakan mekanisme perlindungan tubuh khususnya saluran nafas untuk membersihkan jalan nafas dari benda asing atau partikel yang masuk lewat pernafasan manusia. Sehingga batuk bisa terjadi saat kondisi sehat dan sakit. Dalam kondisi sehat, lanjut Titi, banyak partikel dan debu yang m,asuk ke saluran nafas sehingga kita ingin mengeluarkannya. “Pada saat tersedak makanan atau minuman, kita juga secara refleks akan batuk. Sedangkan saat sedang sakit, akan ada peradangan di saluran nafas yang mengakibatkan iritasi dan rangsang refleks batuk serta upaya nafas mengelurakan lendir yang lebih banyak dan kental,” tambahnya.
Karena itulah, kata Titi, batuk dianggap biasa. Namun, ia menegaskan lagi, batuk yang berlangsung lebih dari  delapan minggu atau lebih dikenal dengan batuk kronik, dapat menimbulkan masalah lebih lanjut.

Batuk Kronik
Seseorang dengan batuk kronik merasa penyakitnya serius sehingga mudah putus asa, kelelahan, stress, mengalami gangguan organik, seperti otot perut sakit, buang air kecil dan besar yang tidak terkontrol saat batuk dan nyeri otot.
Titi menjelaskan sebenarnya batuk kronik tidak selalu merupakan tanda penyakit serius tetapi  batuk kronik perlu ditelusuri dengan cermat untuk mendapatkan penyebabnya sehingga penanganannya berorientasi pada penyebanya lebih ditekankan.
“Kenali keluhan yang mengikuti batuk dan tanda lainnya  untuk mengetahui penyebab keluhan batuk itu sendiri. Obat batuk diberikan dengan memperhatikan jenis batuk agar dapat memperhatikan pengobatan yang sesuai dengan keluhan batuknya,” jelasnya.
Batuk, lanjutnya, bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Mulai anak kecil sampai orang lanjut usia. Namun, anak-anak lebih mudah terkena batuk pilek. Dalam satu tahun mereka bisa terserang empat sampai delapan kali, tetapi biasanya enam kali dalam setahun. Orang dewasa pada umunya sebanyak dua sampai empat kali dalam setahun.
Batuk bisa dibedakan berdasarkan lamanya. Pertama batuk akut yang terjadi kurang dari tiga minggu pada keadaan sebelumnya tidak ada keluhan, dapat terjadi iritasi, penyempitan saluran nafas akut, dan infeksi akut virus dan bakteri.
Kedua, batuk kronik yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Pada infeksi akut pernafasan akibat virus sering diikuti dengan batuk lama sekitar tiga sampai delapan minggu akibat kerusakan epitel saluran nafas, karena itu ada juga istilah batuk subakut yang berkisar tiga sampai delapan minggu.
Ketiga, batuk berdahak atau produktif dan keempat, batuk kering atau non produktif. Batuk produktif disebabkan sistem pernafasan perlu mengeluarkan lendir yang banyak dan berlebihan.
Untuk pengobatan diciptakan lingkungan yang hangat, minum air hangat yang cukup, istirahat yang cukup, makan sayur dan buah, makan makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi obat batuk-pilek. Jika takut dengan obat-obatan yang mengandung banyak bahan kimia, dapat mencoba alternatif dengan terapi udara bersih.

sumber: Media Indonesia

Tag: , ,

2 Tanggapan to “WASPADAI BATUK YANG BUKAN BATUK BIASA”

  1. RANDY Says:

    Saya baru-baru ini terserang batuk, awalnya karena saya bekerja di ruangan ber – AC, kalo sering diluar kantor maka batuk saya berkurang bahkan hilang. namun karena rutinitas saya di ruang AC untuk bekerja, dan sekarang parahnya suka diiringi adanya FLU dalam diri saya, gejalanya juga sama dengan batuk tak tahan ruangan AC, bukan itu saja penyakit langganan lainnya seperti malaria juga kadang kambung padahal dulunya jarang sakit, obat apa yang harus saya konsumsi karena da banyak obat saya coba. terima kasih atas perhatiannya.

    • andhesca Says:

      AC sebenarnya sumber polusi udara yg cukup tinggi karena sebagai penyimpan debu, juga bakteri&virus, mka selama kondisi ruangan kita tidak bersih apalagi jika tubuh kita kurang fit, maka problem kesehatan itu akan terus muncul. Menurut saya obat tidak menjadi solusi yg baik karena bersifat sementara, tapi juga sekaligus memiliki resiko jangka panjang jika digunakan terus menerus dalam tubuh.
      Saran saya Mas Randy perlu menguatkan imun tubuh karena sebenernya Tuhan sudah menyediakan dalam tubuh kita suagu sistem pertahanan yg ampuh shg kita sebenanya dapat memperbaiki diri dan menangkal serangan penyakit.
      Di bandingkan dengan obat, sebaiknya mulai cari alternatif yg lebih natural / alami, krn sekali lagi Tuhan juga telah menyiapkan sumber2 alami bagi kesehatan kita.
      Maka untuk memperbaiki polusi udara dalam ruangan Anda dapat menggunakan alat terapi udara yg saya rekomendasikan di blog ini.
      Dan untuk membantu meningkatkan imun tubuh secara alami, saya sangat merekomendasi Anda mempelajari juga produk terobosan baru ini, yg sebentqr lagi masuk ke pasar Indonesia.
      Semoga Anda selalu diberi kesehatan yg baik untuk tampil prima bagi orang2 yg Anda kasihi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: