Risiko Mematikan dari Polusi Udara

by

Polusi udara yang disebabkan oleh asap buangan kendaraan bermotor, selain memicu pemanasan globat ternyata bisa berakibat mematikan bagi kesehatan, bahkan paparan yang rendah sekalipun.

Risiko kesehatan akibat paparan polusi udara dalam skala rendah tersebut dilakukan oleh tim peneliti dari The Imperial College London, Inggris. Seperti dikutip dari situs BBC, dalam risetnya mereka membandingkan antara akibat asap hitam akibat hasil pembakaran bahan bakar fosil dan industri, dan sulfur dioksida, berdasarkan angka kematian antara tahun 1982 hingga tahun 1998.

Kendati di Inggris angka pencemaran udara berkurang, namun menurut para peneliti, risiko kesehatan yang ditimbulkan dari polusi tersebut tetap sama. Dampak buruk dari polusi udara yakni kematian akibat penyakit pernapasan, meningkat hingga 19 persen karena asap hitam, dan terjadi peningkatan 20 persen akibat sulfur dioksida.

Sebaliknya dengan di Indonesia, data Kompas (23/1) menyebutkan dibandingkan dengan tahun 2004 dan 2005, kualitas udara di DKI Jakarta terus memburuk, yang berarti makin tinggi pula dampak negatifnya bagi kesehatan, belum lagi kerugian ekonomi yang ditimbulkan. Padatnya jumlah kendaraan di jalan-jalan ibukota menjadi penyebab buruknya kualitas udara.

Selain penyakit pernapasan, polusi udara juga menjadi pemicu kanker rahim pada perempuan. Pada ibu hamil, polusi udara kerap menyebabkan bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Di China, selama tahun 2006 ada 750.000 bayi lahir prematur karena polusi di sana sudah mendekati ambang batas yang amat membahayakan.

Risiko kesehatan tampaknya belum menjadi perhatian serius pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara. Sudah saatnya jumlah kendaraan di perkotaan di batasi untuk mengurangi gas buang karbonmonoksida dan nitrogen oksida yang beracun. Tak hanya itu, penyediaan hutan kota juga akan menjadi cara yang efektif untuk menyaring kandungan karbon di udara.

Penulis: An

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: